Kamis, 01 Desember 2011

10 Mobil Ferari

10 Mobil Ferrari Terbaik

Ferrari sudah memproduksi mobil sejak 1929. Hingga kini, mobil pabrikan asal Italia itu sudah sangat sukses. Bahkan citranya sebagai supercar banyak diacungi jempol tidak hanya di kampung halaman melainkan di belahan dunia.

Sejarah gemilang Ferarri ketika produsen itu memutuskan untuk bergabung ke balap jet darat atau Formula 1. Itu menegaskan betapa hebatnya mobil tersebut dalam hal teknologi dan kecepatan.

Nah, dari banyaknya mobil Ferarri saat ini hanya ada 10 Ferrari yang dinobatkan sebagai supercar terbaik dalam sejarah Ferrari. Tentu saja 10 Ferrari itu patut dikenang masyarakat banyak khususnya pecinta Ferrari.

Pengukuhan itu tentu dilihat dari desain serta teknologi, ketangguhan serta kemampuan melindas aspal hitam. Apa saja 10 Ferrari terbaik di dunia? Ini dia 10 Ferrari terbaik seperti dikutip situs resmi Ferrari.

1. Ferrari 250 GTO
http://hermawayne.blogspot.com
Dibangun untuk balap GT racing. Bodinya mengadopsi konsep old school, dan dangan retro. Mesin 3.000 cc V12 sangat sangat di era 60-an.

2. Ferrari 365 GTB
http://hermawayne.blogspot.com
Ferrari satu ini sangat populer di tahun 70-an. Mesin berkapasitas 4.390 cc V12 yang bisa memproduksi tenaga 352 bhp (262 kW). Sayang mesinnya lemah di kecepatan bawah, namun kecepatan atas sangat sangar. Desainnya sangat futuristik.

3. Ferrari F50
http://hermawayne.blogspot.com
Dibuat pada 1995-1997 hasil pengembangan antara F40 dan Enzo, menghasilkan kinerja mesin terbaik di kubu Ferrari. Mesin berkapasitas 4.700 cc bisa mengeluarkan tenaga 513 Hp pada 8.000 rpm. Mobil ini berlari hingga kecepatan maksimal 200 mph. Casisnya mengadopsi casis Formula 1.

4. Ferrari Enzo
http://hermawayne.blogspot.com
Siapa yang tidak kenal Ferrari Enzo. Mobil yang dirilis pada 2002 itu melesat menjadi mobil cepat terkuat yang pernah ada. Fiturnya mengadopsi mobi Formula 1. Di balik kap terdapat mesin berkapasitas 6.000 cc V12 yang dikawinkan dengan 6 semi otomatis.

5. Ferrari F40
http://hermawayne.blogspot.com
Mobil ini diproduksi sejak 1987-1992. Ferrari membuatnya sebagai mobil tercepat dan mobil paling bertenaga saat itu. Bayangkan mobil ini menjadi mobil legal tercepat yang diperbolehkan menapak di jalanan.

6. Ferrari 246 Dino
http://hermawayne.blogspot.com
Dibangun pada 1968, mobil itu menjadi mobil yang sangat menarik di era-nya. Ini menjadi nilai tambah bagi Ferrari dengan memproduksi mobil tersebut. Bentuknya memang sangat tidak menyakinkan. Namun di balik kapnya terdapat mesin yang diklaim cukup kuat ketika diajak kebut-kebutan. Ada 2 pilihan mesin, yakni 2.400 cc 6 silinder dan 3.000 cc dengan 8 silinder.

7. Ferrari 275 GTB/4
http://hermawayne.blogspot.com
Pertama kali diperkenalkan pada Paris Motor Show tahun 1966 dan langsung diproduksi hingga tahun1968. Mobil tersebut menjadi mobil Ferrari yang diklaim sebagai supercar terlembut karena dengan tingkat getaran yang cukup rendah di jajaran mobil Ferrari lainnya. Di balik bonednya terdapat mesin berkapasitas 3.300 cc 4 -cam V12.

8. Ferrari 360 Challenge Stradale
http://hermawayne.blogspot.com
Jajaran mobil Ferrari semakin lengkap dengan mobil satu ini. Diproduksi antara tahun 1999-2005, Ferrari 360 menjadi mobil Ferrari dengan handling terbaik. Namun sang insinyur Ferrari mengharapkan mobil itu tidak digunakan untuk kebut-kebutan di jalan. Sebab teknologi yang teraplikasi pada 3.600 cc V8 dapat membahayakan penggunanya.

9. Ferrari 166MM Inter
http://hermawayne.blogspot.com
Mobil ini dikategorikan sebagai mobil sport. Terdapat mesin berkapasitas 2.000 cc berkonfigurasi V12 di balik bonednya. Hanya ada 39 unit di dunia dengan rentan waktu produksi pada 1948–1953. Mobil ini juga menjadi mobil dengan disain terbaik.

10. Ferrari F355
http://hermawayne.blogspot.com
Diproduksi pada 1994-1999, F355 menjadi penerus F369. Mesin yang diusung 3.500 cc V8 DOHC yang dikawinkan 6 percepatan berteknologi gearbox Formula 1 sehingga menjadikan mobil tersebut sebagai mobil terbaik saat itu. Ada 3 tipe yang disediakan yakni F355 Spider, F355 GTS dan F355 Challenge.

Bagian bagian kendaraan

A.SPEEDOMETER

Speedometer adalah alat pengukur kecepatan kendaraan darat, yang merupakan perlengkapan standar setiap kendaraan yang beroperasi di jalan.Speedometer berfungsi agar pengemudi mengetahui kecepatan kendaraan yang dijalankannya dan dijadikan informasi utama untuk mengendalikan kecepatan dikawasan/jalan agar tidak terlalu lambat atau terlalu cepat, bisa mengatur waktu perjalanan dan mengendalikan kecepatan dijalan yang kecepatannya dibatasi.










Cara kerja speedometerAda beberapa jenis sensor pengukuran kecepatan:

a).Mekanis, adalah perangkat pengukur kecepatan yang dihubungkan langsung dengan roda depan ataupun transmisi dengan menggunakan suatu kabel yang ikut berputar saat kendaraan bergerak, gerakan berputar ini kemudian dirubah untuk menggerakkan jaruk kecepatan.

b).Elektronic, adalah pengukur kecepatan yang bekerja atas dasar sensor yang ditempatkan di poros penggerak kendaraan yang medeteksi jumlah putaran poros untuk selanjutnya data dikirim ke speedometer dengan prinsip arus Eddy yang menggerakkan jarum kecepatan ataupun menunjukkan kecepatan secara digital.

c).GPS, adalah perangkat pengukur kecepatan yang menggunakan perubahan data posisi koordinat bumi yang diperoleh dari satelit GPS yang diolah oleh prosesor menjadi informasi kecepatan.



B.REM


Macam-macam rem , yaitu :


1.REM CAKRAM
Rem cakram adalah perangkat pengereman yang digunakan pada kendaraan modern. Rem ini bekerja dengan menjepit cakram yang biasanya dipasangkan pada roda kendaraan, untuk menjepit cakram digunakan caliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong sepatu rem (brake pads) ke cakram. Rem jenis ini juga digunakan pada kereta api, sepeda motor, sepeda.
Pada mobil balap bahan yang digunakan biasanya dari keramik agar lebih tahan terhadap panas yang ditimbulkan selama proses pengereman.

2.REM DRUM
Rem drum adalah rem bekerja atas dasar gesekan antara sepatu rem dengan drum yang ikut berputar dengan putaran roda kendaraan. Agar gesekan dapat memperlambat kendaraan dengan baik, sepatu rem dibuat dari bahan yang mempunyai koefisien gesek yang tinggi.
Rem drum mempunyai kelemahan kalau terendam air, tidak dapat berfungsi dengan baik karena koefisen gesek berkurang secara nyata/significant. Oleh karena itu mulai ditinggalkan dalam dunia otomotif dan mengantinya dengan rem cakram.




C.PERSNELING


Persneling adalah sistem roda gigi dan hidrolik yang menghantarkan tenaga mekanis dari penggerak ke roda dengen kecepatan lebih rendah tapi gaya putar lebih tinggi. Sistem ini juga memungkinkan pergantian perbandingan kecepatan-tenaga atau arah putaran.
Dalam mobil, dikenal persneling manual dan otomatis. Manual artinya pengendara mengganti gigi dengan bantuan tangkai. Sistem ini lebih murah, lebih ringan, biasanya memiliki kinerja lebih baik, dan memakan lebih sedikit bahan bakar. Persneling otomatis lebih mudah digunakan dan biasanya ditemukan dalam mobil produk AS. Selain itu juga ada sistem persneling semi-otomatis, yaitu bila tangkai pengganti gigi digerakkan oleh komputer


D.TUAS TRANSMISI


Tuas transmisi pada kendaraan adalah tuas yang digunakan untuk memindahkan perbandingan gigi pada sistem transmisi kendaraan. Tuas biasanya ditempatkan dilantai mobil atau di dashboard pada mobil Honda Stream atau pada stang kemudi mobil model lama. Pada sepeda motor biasanya ditempatkan di pijakan kaki sebelah kiri kiri, atau di stang kemudi kiri pada Vespa lama.


Contoh posisi gigi percepatan mobil dengan 4 gigi percepatan maju dan 1 mundur
Pada contoh tuas transmisi seperti pada gambar, terdapat 4 gigi percepatan maju dan 1 mundur dimana huruf N untuk menunjukkan netral, 1,2,3 dan 4 menunjukkan gigi percepatan dan R untuk menunjukkan reverse yang berarti gigi percepatan untuk mundur. Pada mobil dengan transmisi automatic digunakan istilah P untuk parkir, 1 atau d untuk maju, 2 atau L untuk tanjakan dan R untuk menunjukkan reverse yang berarti gigi percepatan untuk mundur.

Radiator

Suzuki Jimny
Problem Overheat Suzuki Jimny
14 June 2011 22:05
mobiljip.com - Overheating adalah gejala di mana sebuah mesin kendaraan mengalami panas berlebihan di atas suhu kerja optimumnya. Mesin yang mengalami overheating akan kehilangan daya (putaran tidak rata dan kemudian mati) bahkan jika sudah parah peningkatan suhunya akan mengakibatkan kerusakan yang cukup parah.
Demikian juga dengan mesin Suzuki Jimny/Katana, yangtermasuk rawan overheating. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai sebab-sebab overheating dan penanganan yang bisa dilakukan pada Suzuki Jimny/Katana.
Sama seperti mobil-mobil lainnya, Suzuki Jimny/Katana memiliki komponen-komponen utama sistem pendinginan yang secara garis besar sama. Komponen-komponen itu antara lain: radiator, tutup radiator (radiator cap), kipas pendingin, pompa air, thermostat, selang-selang utama inlet dan outlet, selang by-pass, dan water jacket (jalur pendingin pada blok dan kepala silinder). Gangguan pada satu atau lebih komponen tersebut akan mempengaruhi kinerja sistem pendinginan mesin sehingga akan memicu terjadinya overheating.
1. RADIATOR
Komponen ini berfungsi utama sebagai penukar panas cairan pendingin. Cairan pendingin bersuhu tinggi yang keluar dari mesin akan didinginkan ketika berada di radiator dengan bantuan hembusan udara yang melewati kisi-kisi radiator. Dengan demikian, saat memasuki mesin, suhu cairan sudah turun sehingga bisa bertugas untuk menjaga suhu mesin. Permasalahan yang sering terjadi pada radiator adalah:
a). Bocor. Kebocoran pada radiator bisa mengakibatkan berkurangnya volume cairan pendingin sehingga pertukaran panas dari mesin ke cairan pendingin terganggu. Kebocoran bisa terjadi karena radiator retak, terbentur keras, korosi, keran pembuangan yang rusak, atau tutup radiator yang rusak.
Solusi:
Perbaiki bagian-bagian yang bocor. Jika ada bagian yang mengalami korosi, sebaiknya diganti dengan bagian yang baru (jika belum parah) di tempat servis radiator. Jika sudah parah, sebaiknya unit radiator diganti baru. Untuk keran pembuangan yang bocor, biasanya karena O-ring karet sudah rusak. Ganti dengan yang baru, atau ganti sumbat keran pembuangan. Untuk tutup radiator yang rusak, sebaiknya ganti baru dengan spesifikasi yang sama dengan standar.
b). Kotor/berkerak. Disebabkan karena digunakannya cairan pendingin yang mengandung endapan mineral. Kerak-kerak yang menempel di jalur dalam radiator akan menghambat pelepasan panas. Selain itu, kerak kerak tersebut juga bisa menyebabkan korosi yang mengikis ketebalan dinding radiator sehingga lambat laun akan menyebabkan kebocoran.
Solusi:
Bersihkan radiator. Jika belum parah bisa menggunakan radiator flush yang dijual bebas dipasaran. Jika sudah parah sebaiknya lakukan servis radiator. Untuk pencegahan, pakai cairan pendingin yang bebas mineral atau radiator coolant dengan takaran yang sesuai.

2. TUTUP RADIATOR. Komponen ini bertugas untuk mengatur tekanan sistem pendinginan sekaligus mengatur level volume cairan pendingin pada tingkat ideal. Kerusakan pada tutup radiator bisa berupa seal karet yang sudah rusak atau pegas yang sudah lemah.
Solusi: Ganti baru dengan spesifikasi sesuai standar dengan batas tekanan 0.9 bar (pastikan dengan spesifikasi standar pabrik). Jika memakai spesifikasi di atas standar (1.1 atau 1.3 bar) akan terjadi tekanan berlebihan pada sistem pendinginan sehingga justru akan merusak komponen-komponen pendinginan yang lain.

3. KIPAS PENDINGIN. Fungsi utamanya adalah untuk menghasilkan aliran udara sehingga udara bisa mengalir melalui kisi-kisi radiator dan meniup ke arah mesin untuk membantu pelepasan panas. Gangguan yang sering terjadi adalah:
- Putaran kipas yang kurang cepat.Biasanya karena tegangan fan belt kurang sehingga terjadi selip. Solusi: Atur ulang tegangan fan belt. Usahakan lendutan fan belt pada bagian antara dua puli yang terjauh antara 10 - 12 mm.
- Kipas yang terlalu lentur sehingga melentur saat berputar. Solusi: Ganti baru dengan kualitas yang baik.
c). Pemasangan kipas terbalik. Posisi yang benar adalah bagian cekung bilah kipas menghadap mesin. Jika terbalik,.aliran udara yang dihasilkan akan pecah/tidak fokus sehingga proses pendinginan kurang optimum.
4. POMPA AIR (WATER PUMP). Fungsi utamanya adalah untuk mensirkulasikan cairan pendingin melalui jalur-jalur cairan pendingin. Jika kerja pompa air terganggu, maka sirkulasi cairan pendingin tidak akan optimum sehingga proses pertukaran panas juga akan terganggu. Pompa air pada mesin Jimny/Katana juga berfungsi sebagai dudukan kipas pendingin. Masalah yang sering timbul adalah: Pompa air bocor. Biasanya karena usia pakai atau tegangan fan belt yang terlalu keras sehingga membebani bearing dan seal pada pompa air tersebut. Ciri-cirinya: timbul bunyi gerusan dari arah pangkal puli kipas pendingin. Jika sudah parah akan terlihat kebocoran dari arah pangkal puli kipas pendingin
Solusi: Ganti baru sebab pompa air Jimny/Katana didesain sekali pakai.

5. THERMOSTAT. Fungsi utama thermostat adalah mengatur aliran cairan pendingin dan mengatur suhu optimum mesin. Thermostat bekerja dengan cara menutup aliran cairan pendingin dari mesin saat suhunya masih rendah dan membuka saat suhunya mencapai ukuran tertentu, biasanya di sekitar suhu kerja optimum mesin (82 - 88 derajat C). Dengan demikian, thermostat mengatur agar cairan pendingin yang berada di mesin benar-benar mendinginkan mesin dan cairan pendingin yang berada di radiator benar-benar diturunkan suhunya. Jika thermostat rusak atau dilepas, maka sistem pendinginan akan terganggu. Gangguan yang sering terjadi adalah:
- Thermostat rusak. Solusi: Ganti baru.
- Pemasangan yang kurang tepat sehingga menyebabkan kebocoran. Sebaiknya baca dan ikuti petunjuk pemasangan yang ada di dalam kemasan produknya dengan teliti.

6. SELANG INLET DAN OUTLET. Letak selang-selang ini adalah di atas dan bawah radiator, menghubungkan radiator dengan jalur pendingin di mesin. Masing-masing selang ini diikat dengan klem. Gangguan yan g sering terjadi adalah:
- Bocor/retak/robek. Biasanya terjadi karena usia pakai, kualitas selang yang kurang baik, atau pengencangan klem yang berlebihan.
Solusi: Ganti selang dengan kualitas yang baik.
- Selang sering lepas/robek pada bagian klem. Selain karena pengencangan klem yang berlebihan, masalah ini juga disebabkan karena pemotongan selang terlalu banyak sehingga selang menjadi terlalu pendek. Akibatnya, fleksibilitas selang berkurang sehingga saat mesin beroperasi, getarangetaran mesin akan menarik bahkan merobek selang tersebut. Solusi: Sebaiknya ganti selang agar tidak telalu banyak sambungan yang berarti menambah titik rawan kebocoran.
c). Pemakaian selang yang tidak sesuai.
Akibatnya, pemasangan selang juga tidak pas sehingga mengakibatkan hal-hal seperti selang kempis, robek, atau tercabut.
Solusi: sebaiknya usahakan mengganti selang lama dengan selang baru yang memiliki ukuran, kualitas, dan bentuk sama.

7. SELANG BY-PASS. Berupa selang kecil dengan panjang sekitar 10 cm. Letak selang by-pass berada di bawah rumah thermostat (jalur outlet) dan menghubungkan antara jalur inlet dan outlet cairan pendingin pada mesin. Fungsi utama adalah sebagai jalur kompensator tekanan yang dihasilkan oleh pompa air pada saat thermostat tertutup sehingga mencegah tekanan berlebihan dari pompa air yang bisa merusak sistem pendinginan. Gangguan yang paling sering terjadi adalah bocor atau robek. Penyebabnya adalah usia pakai, kualitas yang kurang baik, atau selang yang kurang sesuai.
Solusi: Ganti selang dengan kualitas yang baik dan ukuran yang pas.

8. WATER JACKET. Water jacket adalah ruangan dan jalur-jalur cairan pendingin yang berada di dalam blok mesin dan kepala silinder. Water jacket menyelubungi bagian-bagian mesin yang menimbulkan panas saat mesin bekerja, seperti silinder dan ruang bakar. Di water jacket terjadi pertukaran panas antara komponen mesin dengan cairan pendingin. Dengan cara inilah suhu mesin terjaga pada tingkat optimum. Gangguan yang bisa terjadi adalah:
- Water jacket kotor/berkerak. Penyebabnya adalah penggunaan cairan pendingin yang kurang bersih atau mengandung mineral. Jika dibiarkan, selain mengganggu proses pelepasan panas mesin juga akan menyebabkan korosi.
Solusi: Bersihkan dengan memakai radiator flush. Ulangi beberapa kali jika dirasa perlu. Sebaiknya cairan pendingin menggunakan coolant yang bisa mencegah terbentuknya timbunan kerak pada water jacket. Atau jika tidak menggunakan coolant, sebaiknya rutin dikuras.
- Bocor/rembes.Biasanya karena kondisi packing/gasket kepala silinder sudah kurang baik. Ciri-cirinya, pelumas mesin berwarna coklat susu karena tercampur cairan pendingin.
Solusi: Ganti packing/gasket kepala silinder dengan yang baru. Jika pelumas terkontaminasi, sebaiknya juga diganti. Lakukan penggantian pelumas berikutnya lebih cepat dari jadwal rutin dengan tujuan untuk membuang kadar cairan pendingin di dalam pelumas lebih cepat. Setelah yakin bebas dari kontaminasi, jadwal penggantian rutin bisa kembali seperti semula.
- Bocor karena blok atau kepala silinder retak. Ini bisa terjadi jika mesin mengalami overheating yang sangat parah atau terjadi penambahan/pengurangan suhu secara drastis. Juga bisa terjadi karena benturan keras. Kasus seperti ini jarang terjadi.
Solusi: Jika belum parah/melewati toleransi, masih bisa ditambal/rebuilt. Namun jika sudah cukup parah, sebaiknya diganti baru. (THX/mobilretro - mobiljip.com/folks)